Waspada Motor Hilang! 5 Rekomendasi Kunci Ganda Motor Terbaik

    Kejadian pencurian kendaraan bermotor (curanmor) sudah menjadi momok dan sering terjadi di segala tempat. Berita yang tersebar di grup Facebook, Forum-forum (sebut saja seperti KASKUS atau GridOto), video yang di unggah ke YouTube hingga Story Instagram terdapat berita dan info kehilangan kendaraan jenis motor. 

    Memarkirkan kendaraan di tempat yang aman saja tidak cukup. Dari berita yang sering tersebar, tempat yang aman justru tetap menjadi sasaran pelaku pencurian motor. Dari banyaknya kasus kehilangan motor, rata-rata pencuri beraksi di tempat publik yang ramai seperti parkiran umum, pinggir jalan, pasar dan tempat ibadah. Tempat privat yang kita anggap cukup aman juga tidak menjamin keamanan motor kita dari sasaran maling, seperti parkiran kost atau rumah.

    Pencuri selalu memiliki pengetahuan yang lebih baik dalam meretas mekanisme pengaman motor hingga bisa dibobol dengan mudah. Metode yang digunakan beragam, mulai dari penggunaan kunci khusus dalam membobol kontak kunci, mencuri dengan diangkat dengan mobil pick-up, membobol kunci magnet, hingga penggunaan cairan 'setan' (dikenal sebagai cairan korosif menurut menurut peneliti LIPI). 

Oleh karena itu dibutuhkannya kunci ganda pada motor untuk meminimalisir tingkat keberhasilan pencuri.

    Berikut adalah rekomendasi ragam kunci ganda motor terbaik berdasarkan pada pengalaman pribadi penulis.


1. Kunci Pengaman di Tuas Rem, Untuk Kamu yang Mau Simpel

    Penggunaan kunci di tuas rem atau Grip lock mekanismenya adalah melakukan penguncian pada tuas rem dengan throttle gas. Metode penggunaan lainnya juga bisa untuk mengunci kopling dengan setang. Menggunakan Grip Lock adalah pengamanan dasar yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan keamanan motor.

    Mungkin kamu akan mendengar mitos kalau gembok model seperti ini akan membuat minyak rem motor mengalir ke cakram atau tromol rem yang berdampak pada master rem motor cepat rusak dan tidak pakem lagi.Namun bayangan itu tidak benar. Justru saat tuas rem ditekan tanpa roda dijalankan, minyak rem tentu tidak akan mengalir dan rembes. Bahkan motor kamu tidak akan mudah diseret atau diangkat.

    Grip lock juga solusi bagi kamu yang enggan pakai gembok motor yang ribet. Pengaman ini juga simpel apabila kamu tipikal dengan mobilitas tinggi dalam menggunakan motor. Tidak perlu turun atau jongkok kebawah untuk membuka dan memasang gembok, sangat direkomendasikan bagi kamu yang harus mobile.

2. Kunci Pengaman Garpu Velg (U-Lock), Tidak Praktis Namun Aman

    Terkesan lawas dan ketinggalan trend, ini adalah mekanisme pengaman pada garpu velg. Cara kerjanya hanya tancapkan gembok ke garpu melalui celah-celah velg kemudian masukkan ke rumah kunci yang tersedia dan secara otomatis akan mengunci. Dengan begitu motor akan sulit digerakkan maju ataupun mundur.

    Dengan ditambah kunci stang, pengamanan ini sangat aman dan butuh waktu banyak bagi maling motor. Terlebih lagi, kasus motor kehilangan dengan kunci pengaman garpu terpasang sangat nihil. Selain besi yang tebal sulit untuk di potong, mata kunci yang digunakan pada U-Lock memiliki keunikan tersendiri. Posisi yang horizontal ketika terpasang juga menyulitkan maling dalam menuangkan cairan korosif, sehingga maling akan butuh waktu yang sangat lama dalam beraksi.

    Sayangnya penguncian ini tak lagi diberikan pada motor-motor terbaru. Alasannya karena kurang praktis dan kurang estetik karena penempatannya pada suspensi depan. Bagi kamu yang tidak bermasalah dengan praktis dan mengutamakan keselamatan, kunci pengaman model ini sangat direkomendasikan. Penulis sendiri masih menggunakan kunci pengaman ini untuk motor yang ditaruh di luar rumah.


3. Smart Key (Keyless), Jika Kamu Ada Budget Lebih

    Menggunakan teknologi remote wireless dan tidak menggunakan anak kunci merupakan terobosan dalam upaya meminimalisir upaya maling motor. Maling motor yang terbiasa membobol mekanisme analog kini dihadapkan dengan teknologi canggih.

    Cara kerjanya tidak lagi menggunakan anak kunci untuk membuka kunci motor. Gunakan remote untuk menyocokkan signal code antara remote key dengan perangkat di motor. Setelah itu pengguna tinggal putar tuas atau knob untuk mengaktifkan kelistrikan motor agar bisa menghidupkan mesin dan membuka bagasi motor. 

    Bagi kamu pemilik motor lawas pun tetap bisa memasang keyless di motor yang biasa kamu gunakan. Proses dan cara pemasangan juga dapat dilihat dari manual booknya, atau dapat mengakses di YouTube. 

Link Pembelian:

  • https://shope.ee/8UWJDw9Ege (Harga Rp. 1.150.000,-) Untuk varian Vario 125, Vario 150, Scoopy ESP, Scoopy R12 (2018-2021), Genio, & All BeAT


4. Disc Lock, Jadi Sebuah Solusi Paten

    Sudah dapat dipastikan hampir semua motor terbaru dilengkapi dengan bundling rem cakram. Kunci cakram rem motor memiliki mekanisme seperti gembok yang mengunci melalui lubang-lubang di disc brake. Motor jadi tidak bisa dijalankan karena gembok cakram mengait pada lubang disc brake dan menahan putaran roda. 

    Gembok rem cakram juga terbuat dari baja yang besar dan sulit untuk dipotong. Dengan variasi mata kunci yang berbeda-beda di setiap merk cukup menyulitkan maling. Terlebih lagi dengan posisi yang sulit membuat maling berpikir dua kali untuk menjebol rem cakram tersebut, jadi motor kamu akan semakin aman.

    Keunggulan menggunakan disc lock adalah simpel, mudah dan ringkas. Membuat motor kamu aman namun tetap memberikan mobilitas yang baik. Kekurangannya,bentuknya yang kecil dan ringkas kadang membuat pemilik motor lupa motornya sedang terkunci. Penulis menggunakan kunci seperti ini untuk pemakaian sehari-hari diluar rumah.

Link pembelian:


5. Gembok Rantai Dengan Kunci Kombinasi, Bisa Sebagai Alternatif yang Simpel

    Chain lock dengan kombinasi angka ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang menyukai kunci ganda tipe rantai namun tetap ringkas. Menggunakan kabel baja pad rantainya memiliki daya tahan terbaik sehingga lebih kuat dan tidak berisik benturan antara ring rantainya. Menjadi makin ringkas karena fungsi kombinasi angka yang membuat kamu tidak membutuhkan kunci lagi.

    Penulis menggunakan ini sebagai opsi ketiga kunci tambahan untuk motor. Selain mudah dibawa dan ringkas dalam penggunaannya, keamanan yang ditawarkan chain lock ini tidak membuat kamu worry apabila di gabungkan dengan kunci cakram pada bagian depan. Direkomendasikan untuk memasang di ban belakang.


Kesimpulan

Berikut adalah 5 rekomendasi ragam kunci tambahan motor terbaik berdasarkan pengalaman pribadi penulis. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan karakter gembok yang akan digunakan berdasarkan situasi dan kondisi. Misal kegunaan untuk harian di luar rumah yang cocok dengan karakteristik ringan, kecil dan mudah dalam melepas pasang. 

Namun jika kamu akan meninggalkan motor dalam waktu lama seperti parkir di rumah, kantor atau tempat lainnya memang lebih cocok menggunakan gembok rantai maupun U-Lock agar mendapat keamanan ekstra. Jadi, gembok seperti apa yang biasa kamu gunakan? Tulis di kolom komentar ya! Semoga membantu.