Apa Bedanya Gitar Ori, Gitar KW, dan Gitar Custom?


    Banyak di antara kita yang sering mendengar istilah gitar original (selanjutnya kita sebut ori), gitar palsu (atau biasa disebut KW), gitar replika hingga gitar custom. Tidak jarang juga diantara kalian salah dalam mengkategorikan gitar-gitar yang ingin kalian gunakan. 

    Apakah gitar KW lebih bagus daripada gitar Ori? Apakah gitar Custom adalah gitar bajakan? Apakah harga yang menentukan gitar ini berada di kategori yang mana? Kali ini KALALUANG ingin memperbaiki kesalahan mindset terhadap gitar melalui tulisan ini.


1. Gitar Original (Ori)


    Gitar Ori adalah produk yang diproduksi langsung oleh produsen dan di distribusikan oleh produsen itu juga. Beberapa merk besar seperti Gibson, Epiphone hingga Yamaha, melakukan hal seperti ini. Ada beberapa pendsitribusian barang melakukan penjualan secara B2B (Business to Business) sehingga kalian akan menemukan penjualan merk tersebut dekat rumah kalian melalui retailer yang berlisensi (authorized seller).

    Dalam kasus lain mungkin kalian menyadari seperti Fender, merk dagang yang terdaftar di California US namun dengan tittle "made in Japan" atau "made in Mexico". Ada pula Ibanez, merk dagang yang terdaftar di Nagoya Japan juga ada yang "made in Korea" atau "made in China". Apakah barang tersebut dapat dikategorikan Custom? Atau bahkan tidak berlisensi? 

    Jadi begini, produsen besar seperti Fender, Ibanez, Gibson, Taylor, Yamaha, Cowboy hingga PRS dituntut untuk memproduksi barang secara masal dan masif dengan mengikuti demand di pasar tentunya. Seringnya produsen tidak mampu dan tidak mau memproduksi barang tersebut dengan alasan operational cost dan distribution cost. Oleh karena itu produsen menggunakan jasa konsorsium dalam manufacturing.

    Manufacturer adalah badan usaha atau perusahaan yang bertujuan memproduksi barang jadi dari bahan baku mentah dalam skala produksi yang besar. Pertimbangannya menggunakan manufacturer juga mencari pabrik di negara yang memiliki ongkos produksi murah. Tentunya produsen gitar tetap menerapkan SOP hingga standarisasi produk agar output yang dihasilkan tidak sembarang dan asal-asalan. Jadi kalian jangan takut apabila mendapatkan gitar Ori dengan manufacturing dari China, Korea, Indonesia atau Mexico, statusnya tetap under licenced produsen terkait kok.


2. Gitar Palsu (KW)

   
    Gitar KW adalah barang palsu yang merupakan versi tiruan atau replika dari merk-merk terkenal. Ciri khas gitar KW adalah meniru bentuk, menyalin nama merk dan logo merk untuk meniru produk asli. Untuk kualitas juga bisa dipastikan buruk, dalam arti bulid quality, pick-up, detail finishing hingga kelistrikan dalamnya.

    Orientasi dibuatnya gitar KW adalah untuk mendapatkan gitar dengan visual seperti produk original, namun dengan harga yang murah. Gitar KW juga sering ditujukan untuk menipu konsumen dengan embel-embel custom. Terlepas dari kalian ingin membeli barang palsu atau tidak, pertimbangkan pula aspek suara dan playability.


3. Gitar Custom


    Gitar Custom adalah adalah gitar yang dibuat khusus berdasarkan keinginan pemakainya. Tujuan dibuatnya gitar custom adalah melakukan perbedaan atau modifikasi sesuai keinginan pengguna, mulai dari bentuk, konfigurasi pick-up, tuner control, hingga fretboard. Gitar custom juga biasa disebut dengan signature series atau artist series apabila penggunanya adalah pelaku seni. 

    Gitar custom juga tetap memeperhatikan aspek lisensi merk dagang dari merk produsen gitar. Sebagai contoh kalian bisa meniru bentuk gitar dari produsen Ibanez karena lisensi dagang mereka ada pada konfigurasi pick-up dan penggunaan nama dan logo. Selama kalian tidak menggunakan yang mereka lisensikan, status gitar kalian bukan gitar KW atau tiruan.

    Tujuan dibuatnya gitar custom adalah varisasi produk agar tidak menyerupai yang ada di pasar secara template dan konfigurasi yang disesuaikan dengan penggunanya. Selama gitar custom tidak menggunakan bentuk yang dilisensikan, konfugirasi pick-up licensed, menyertakan merk brand dan logo dari sebuah brand gitar, gitar tersebut bukan barang tiruan atau palsu (referensi trademark bisa dilihat disini). 

    Banyak yang menyalah-artikan kalau gitar custom adalah gitar produk lokal atau gitar variasi dari merk originalnya. Mindset bias ini kadang sering di sederhanakan sebagai barang tiruan yang bukan 'ilegal'.


Simpulan

Untuk memudahkan, penulis membuat recap list dari penjabaran diatas dengan memperlihatkan kelebihan dan kekurangan dari gitar-gitar tersebut.

Gitar Ori

  • Gitar yang di produksi oleh produsen secara masal
  • Gitar yang memiliki lisensi produsen dan sudah melalui tahap quality check
  • Gitar yang memiliki serial number dari produsen
  • Harganya mahal
  • Dibuat secara template

Gitar KW

  • Gitar tiruan yang dibuat untuk meniru secara visual dengan menampilkan logo dan merk produk originalnya
  • Kualitas body, pick-up, hingga conductornya buruk, cenderung asal-asalan
  • Playabilitynya kurang
  • Harga sangat murah

Gitar Custom

  • Eksklusif, setiap lini produksinya memiliki konfigurasi berbeda
  • Sentuhan workshop memiliki detail dan keunikan tersendiri
  • Build quality, Presisi, dan tonasi suaranya tergantung dari buildernya; kredibilitas builder dan merk custom diperlukan 
  • Otentik, tidak banyak beredar di pasaran.
  • Harga relatif; bisa murah dan bisa mahal tergantung bahan dan material yang digunakan


Dari kesimpulan ini, sebelum membeli pertimbangkan dan pastikan ini, 

  1. Tentukan jenis gitar yang ingin kalian gunakan; Gitar akustik, gitar elektrik, atau gitar akustik-elektrik. 
  2. Tentukan model yang kalian inginkan; Akustik jumbo, akustik 3/4, elektrik solid body, elektrik semi-hollow body, akustik-elektrik arctop.
  3. Build quality; Material body terbuat dari kayu apa, teknik bending body, pick-up yang digunakan, konfigurasi volume dan tone control.

Jadi, seperti apa gitar idaman kalian? Tulis di kolom komentar ya!